Laman

Senin, 23 Januari 2012

Keunikan Imlek

   

         Hari ini tepat tanggal 23 Januari 2012, yaitu hari dimana umat Tionghoa merayakan hari lebarannya atau biasa kita sebut dengan hari imlek. Tapi apa agan tau apa itu hari imlek. Gue akan sok pinter menjelaskan dengan tidak detail..huhuuhu. Begini... mungkin ada yang sedikit bertanya ataupun gak peduli. Kenapa tahun baru china tersebut disebut oleh kebanyakan orang indonesia adalah imlek??? Karena menyebut tahun baru china membuat kita terlalu lama berkata-kata, membuat kita terlalu lama mengeja, atau memang orangnya aja yang males menyebut dengan tahun baru china sehingga menjadi disebut imlek?? Semua jawabannya salah, yang lebih tepatnya dari pengetahuan yang gue selidiki..alah!! hehehe.Imlek mempunyai arti "penanggalan bulan" mungkin orang tua terdahulu menyebut tahun baru china dengan imlek hingga sekarang kita jadi ikut-ikut aja.hehe. 

Lanjut.... gue akan kasih tau makanan yang menjadi ciri khas hari tahun baru china yang pasti makanan ini unik karena gak semua orang tahu, diantaranya : 
1. dodol china atau kue keranjang, teksturnya lengket dan rasanya manis.
    
2. Jiaozi, makanan berbentuk pempek kapal selam mini.
    
3. Buah jeruk mandarin, mungkin udah pada pernah makan buah yang satu ini jadi gak perlu gue deskripsikan.
    
4. Yee sang, paduan sayuran dan ikan segar.
    Kenalkan, Makanan 'Keberuntungan' Saat Imlek: Yee Sang
5. Dim Sum, seperti somay dengan berbagai isian didalamnya dan bentuknya yang sedikit modifikasi. I like it!!
   
6. Siu mie, seperti mie goreng namun didalamnya terdapat berbagai macam isian seperti irisan ayam, bakso, kol, sayuran dll.
   Siu Mie
      Sebenernya masih banyak lagi, makanan khas imlek yang unik dan masih belum banyak diketahui oleh sebagian orang. Selain makanan, dibawah ini adalah beberapa hal unik yang dilakukan oleh masyarakat yang merayakan imlek, diantaranya:

1. Tidak diperbolehkan menyapu,, atau bersih-bersih. Unik ya?? maka dari itu lebih baik nyapu pas sebelum imlek gan..hehehe.
2. Tidak boleh bertengkar. Karena katanya rezeki tidak akan menghampiri orang yang bertengkar.
3. Tidak boleh marah-marah. Karena katanya rezeki tidak akan menghampiri orang yang bertengkar. 
4. Tidak boleh menangis. Hal ini dilarang di malam imlek, oleh karena itu anak-anak diampuni kesalahannya.
5. Tidak boleh membeli sepatu dan buku. Karena  kata sepatu adalah homonim dari bahasa kanton yang artinya "sulit", begitu juga buku yang homonim dengan kata "kehilangan". Inilah alasannya mengapa toko buku tutup pada waktu imlek.
6. Menggunakan warna merah untuk pakaian, dekorasi dan lain sebagainya. Menurut kepercayaan masyarakat warna merah adalah warna yang baik.
7. Tidak boleh ada benda tajam. Hal ini ditakutkan benda tajam menjadi simbol dapat memotong hal-hal yang baik yang akan datang pada saat imlek.
8. Tidak boleh duduk dikamar. Hal ini dipercaya dapat mendatangkan kesialan, oleh karena itu hal ini sangat dilarang.
9. Dan masih banyak lagi. huhu. Capek saya ngetiknya gan, mungkin segini aja tentang keunikan imlek ya gan. huhuhu. Mohon mangap bila ada kekurangan gan. peace love n gaul.halah!!  oya... Gongxi Fat Cai!




with love : nha4fun

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls