Laman

Jumat, 06 Januari 2012

5 Kelebihan Mandi Air hangat & dingin

               Kali ini gue pengen ngebahas masalah mandi. Karena kita sebagai makhluk hidup pasti mandi dong setiap hari, yah kalo yang gak hoby mandi mungkin minimal seminggu sekali juga boleh???(jorok namanya!, sorry jangan kesindir)..hihihi. Gue pernah atau sering mandi dengan air hangat dan lebih sering juga malah mandi dengan air dingin. Nah... maka dari itu, gue penasaran manakah yang lebih bagus?? mandi dengan air hangat atau mandi dengan air dingin??
Ini adalah kelebihan mandi dengan air hangat, yaitu:
1. Badan akan menjadi rileks dan nyaman. Dikarenakan hawa panas(air hangat kuku) akan memberikan   rasa segar. Air hangat dipercaya mampu mengangkat minyak dan kotoran-kotoran di tubuh kita dengan membuka pori-pori. Apalagi kalo kita mandi air hangat setelah kehujanan, wah pasti badan kita gak bakal masuk angin dan kembali segar. Dulu juga gue pernah kerja dengan kondisi berdiri, dan itu membuat kaki gue seperti gak ada lagi di bumi. Lalu pulang dengan penuh kelelahan, gue merebus air dan air hangat tersebut gue buat rendaman kaki gue. Alhasil kaki gue kembali segar dan nyaman.
2. Badan atau tubuh kita tidak akan cepat terserang penyakit, misalnya saja flu, pegel-pegel, penyakit kulit dll. Contohnya juga dari pengalaman pribadi gue sering mandi diatas jam 6 sore dengan air hangat, karena kecapean dengan aktivitas maka gue mandi dengan jam yang menurut orang tua dulu dapat menimbulkan sakit rematik. Maka dari itu, supaya tidak terkena penyakit rematik walaupun kita kecapean dan mandi diatas jam kurang normal, kita bisa tetap membersihkan diri kita dengan mandi menggunakan air hangat. Dengan catatan jangan terlalu sering juga.
3. Mandi dengan air hangat dipercaya dapat mengembalikan kebugaran tubuh kita dari penatnya aktivitas dan juga dapat mengurangi rasa stress dalam diri kita. Gue udah mencoba sendiri kok, waktu gue stress menghadapi ujian dan gue mandi dengan menggunakan air hangat, gue berasa kaya lagi di pemandian air panas termewah(Khayalan Tingkat Tinggi).
4. Dipercaya juga dapat membuat peredaran darah kita lancar. Sehingga mandi air hangat bagus dianjurkan kepada penderita penyakit migrain, dan juga penderita diabetes. Kalo ini gue belum pernah coba, hehhe. Tapi gue tahu dari mbah google dan orang tua terdahulu.
5. Air hangat juga dapat membuat kita menjadi ngantuk dengan rasa nyaman yang diberikan. Sehingga hal ini sangat baik untuk penderita insomnia yaitu orang yang suka bermasalah dengan tidurnya alias suka susah tidur.

Dan ini adalah kelebihan mandi dengan air dingin, yaitu:
1. Air dingin dengan rasanya yang seperti menusuk kedalam tulang kita. Dipercaya dapat membuat kita menjadi semangat dalam beraktivitas. Cobain aja sendiri kalo gak percaya, bangun di saat pagi-pagi dengan rasa ngantuk yang tak tertahankan lalu mandi dengan air dingin, pasti mata kamu langsung melek deh...hehehe.dansalj5
2. Air dingin berbeda dengan halnya air hangat. Air hangat dapat membuka pori-pori, namun air dingin dapat menutup pori-pori. Pori-pori yang tertutup tersebut sangat baik, karena pada saat pori-pori terbuka dan mengeluarkan racun juga kotoran-kotoran dalam tubuh maka kita harus menetralisasi dengan membasuh dengan air dingin yang dapat menutup pori-pori. Karena bila pori-pori terbuka dan tidak tertutup kembali dapat mengakibatkan timbulnya jerawat diwajah, dan ketombe pada kulit kepala kamu (gak mau ih..serem!).
3. Air dingin juga membuat peredaran darah kita lebih baik. Karena dengan peredaran darah yang baik mampu memperbaiki sistem tubuh kamu. Permukaan tubuh dan kulit yang terasa kusam dan kering juga akan menjadi lebih baik dengan mandi menggunakan air dingin. Dengan tubuh kita menjadi sehat.
4. Untuk kebutuhan psikologis(berat dah omongan gue,hehehe) air dingin dapat membangkitkan rasa percaya diri, menjauhkan kita dari rasa malas dan juga kita terbiasa dengan rasa dingin.
5. Pastinya air dingin memberikan kesegaran tersendiri tidak seperti air hangat yang menimbulkan rasa segar namun terkadang membuat kita merasa jadi gerah dan berkeringat?

Ini kelebihan mandi air dingin dan air hangat versi nha4fun loh... terserah kamu mau milih yang mana. Mandi dengan menggunakan air hangat atau air dingin. Yang jelas mungkin nasehat dari gue, jangan sering-sering mandi air hangat karena dapat menghabiskan gas dari kompor kamu. hehehe.(gak penting!).


with love : nha4fun


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls