Laman

Sabtu, 17 Desember 2011

Tips Belajar Hemat


                                                


   Hemat pangkal kaya. Siapa sih orang yang gak mau kaya?? Gue aja mauJhehe. Tapi mungkin susah buat jadi orang kaya, factor yang paling gampang sih karena dari diri kita sendiri gak ada niatan buat berhemat. Kebanyakan dari diri kita punya sifat boros dan gak bisa mengontrol sifat yang satu ini. When there’s a will there’s a way guys. Apa coba??hehe. Kalo ada kemauan pasti ada jalan kok. Ini kira2 tips buat belajar hemat, khususnya buat gue pribadi.

1. Niat mau berhemat. Segala sesuatu tanpa niat gak akan ada gunanya.
2.  Beli celengan, mau celengan yang bentuk ayam, gareng, semar apa ajalah yang penting celengan harus selalu aktif di isi walaupun cuma recehan(100ribu gitu)hoho.
3.  Bikin ATM(Anjungan Tunai Mandiri) untuk menyimpan uang, tapi ingat kalo mau pergi2 yang sekiranya masih ada uang cash(tunai) mending jangan bawa ATM, karena kalo kita bawa ATM apalagi perginya buat jalan ke mal, apa ke pasar pasti tangan kita gatel kalo uang buat belanja kurang langsung deh gesek(pengalaman pribadi).
4.   Bawa uang seperlunya, tapi siapin uang cadangan juga di selipan dompet misalnya. Habis pergi, kita harus menghitung yang tadi kita bawa dan kita keluarkan. Kalo bisa jangan sampai duit yang kita bawa abis/terpakai semua.
5.   Beli sesuatu/barang yang pokok/penting dahulu. Kalo emang gak perlu2 banget/ gak penting2 banget mending jangan dibeli. Cobalah berpikir kedepan.
6. Targetkan tabungan yang ingin dicapai, misal tiap 1 minggu menabung 200ribu. Dan juga, pisahkan uang tabungan, dengan uang2 lainnya (misalnya uang ongkos kerja/kuliah, uang buat bayar cicilan motor, dll). Anggap uang tabungan tersebut adalah uang hilang.
7.   Kalo berbelanja, bawa catatan kecil apa saja yang akan di beli.
8. Catat keperluan pokok/penting tiap bulannya, untuk target meminimalisasi pengeluaran.
9.   Biarpun berhemat, tapi sisihkan juga uang kita untuk bersedekah. Supaya target hemat kita juga diridhoi Allah SWT.
10.Dan yang paling penting tahan godaan dan hawa nafsu untuk memboroskan uang kita dengan hal2 dan barang2 yang tidak terlalu penting.

***Selamat mencoba***

                                               with love : nha4fun

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls