Laman

Selasa, 13 Desember 2011

pengalaman pribadi dengan laptop

         gue gak maksud menggurui ye.... tapi gue nulis ini cuma niatan mau share atawa berbagi and kalo bermanfaat buat yang baca malah syukur alhamdulillah ya(gaya artis yang gak bisa gue sebutin namanya). hehehey.
 menurut pengalaman pribadi gue, akhirnya gue tulis lah artikel ini. gue sayang sama loe jadi gue gak mau loe ngalamin apa yang gue alamin.(Lebay berkepanjangan)
 buat loe yang sekiranya sama kaya gue, pengguna laptop amatir. *polos.
 gue mau kasih masukkan sedikit gak sampe banyak. check this out....;(penyiar gagal)*_*
 1.)  kalo loe baru banget beli laptop, mending loe jangan langsung kegirangan(kaya gue)... tapi loe kudu perhatiin dulu surat-suratnya, termasuk surat/kartu garansi and paling penting surat/kartu pembayaran. bagi yang belinya sistem kredit, periksa juga surat/kartu kredit beli laptopnya.
    karena kartu garansi sangatlah penting, kalau2 terjadi kesalahan atawa kerusakan di laptop baru kita. and kartu/surat beli kreditnya juga penting untuk mengingatkan kita berapa lama lagi  kita harus tersiksa membayar cicilan yang berkepanjangan tersebut. heheehe.
2.)  jangan pernah berfikir, kalo kalian bakal punya laptop awet dengan cara disimpan tanpa dibuka. artinya gini gan, laptop kalian gak pernah dioperasikan. menurut pengalaman pribadi gue, gue pernah karena sibuk kerja waktu itu. gue gak sempet buka2 laptop, bahkan gue taro laptopnya di meja dan sampe diselimuti debu2 indah. halah! alhasil setelah seminggu atawa 2 minggulah gue iseng buka karena kangen dengan sang laptop, laptop gue jadi banyak virus, ngehang sana-sini, dan wah gak jelas banget tuh laptop.
  jadi gue saranin,, untuk tidak membiarkan sang laptop di cuekin, disimpen, atau bahkan ampe berjamur.*wah parah!
3.)  periksa sang laptop, program2 apa saja didalamnya. sering update virus yang pasti supaya si virus gak dengan centil dan seenaknya masuk ke sang laptop. dan menurut pengalaman pribadi gue, loe harus hati-hati dengan anti virus yang loe pake, bisa jadi anti virus yang loe pake malah jadi VIRUS bukan jadi ANTI VIRUS. gue ngalamin sendiri, dan hasilnya semua program2 di laptop gue gak bisa dioperasikan, buat ngetik di word aja lamanya minta ampun. gue udah repair windows pun tetep bandel. alhasil, gue harus instal ulang tapi tanpa kehilangan data2 penting gue pastinya. (bangga)
4.)  kalo loe orang awan dalam dunia perkomputeran, sama kaya gue*jujur. lebih baik kalo gak ngerti loe search ke si mbah Google atau loe bisa langsung nanya ke pakarnya. gue pernah ngalamin gara2 ketidaktahuan gue. gue waktu itu mau setel video, di windows media player, dan ada sebuah info/warning yang tulisannya bahasa inggris. tapi berhubung gue bukan orang bule, lalu gue asal nge-klik aja. tiba-tiba semua program dengan ekstensi .exe berubah jadi WMP(Windows Media Player), semua icon program2 gue berubah jadi icon WMP. dan setiap gue buka program pasti yang keluar malah WMP. 
 gue coba membedah perut mbah google kesana-kemari, akhirnya gue dapat jawaban. ternyata info/warning yang muncul dengan bahasa inggris tadi berisi tentang pertanyaan "apakah kau mau membuka semua program yang berekstensi .exe dengan WMP" kurang lebih artinya itu. intinya loe hati2 dengan program atau warning yang sekiranya loe gak paham. jangan asal mencet atau klik ya. *_*
5.)  sayangilah laptop loe seperti loe menyayangi diri loe sendiri. jangan paksa sang laptop melakukan apa yang kita mau. laptop menurut gue ibarat wanita. sensitiv, perlu perhatian khusus, dan jangan sampai buat laptop kita murka. *serem bang! kenapa gue bilang sensitive, karena kalo kita salah memperlakukannya sedikit aja program,system atau yang lainnya bisa problem. gue pernah laptop gue mati gak bisa dinyalain lagi, tapi 3 hari kemudian gue buka lagi ternyata normal seperti biasanya. pernah juga sound gue gak keluar, 2 hari kemudian soundnya bisa lagi. dan berbagai problem lainnya yang pernah gue alamin.(melas). 
 laptop perlu perhatian khusus, jangan cuma mau menggunakannya aja ya tapi kita juga harus bisa merawat. perhatikan kalo lagi main laptop barang-barang disekitar kita, jangan suka meletakkan benda2 yang sekiranya bisa merusak laptop, seperti air minum, makan sambil maen laptop, maen laptop sambil merokok, dll. karena waktu gue di tukang service, da seorang cewek yang aptopnya mati gara2 terkena air, dan menghabiskan biaya sekitar 1,7 jt. ehm..lumayan kan?
 bersihin juga laptop, jangan sampai berdebu, kalo perlu beli pelindung layar dan pelindung keyboard, jga cooler supaya laptop kita gak cepet panas terutama buat  loe yang menggunakan laptop dengan waktu yang cukup lama.
6.)  buat loe yang penggemar movie, atau suka nonton film(gue banget). gue suka banget nonton film, terutama film2 korea. hampir setiap hari gue nonton film2 korea sampe 3 atau 4 jam sehari di dvd room laptop gue. tadinya gue seneng banget, karena dengan begini gue bisa nonton film2 korea di laptop sepuasnya tanpa harus nonton di televisi yang pastinya cuma berapa jam dan lebih banyak iklannya. ehm.. tapi ternyata, karena keseringan nonton film dilaptop, optik dvd room gue pecah. dan alhasil dvd room gue gak bisa lagi dipakai/ngebaca disc yang gue masukkin. jadi, buat loe maniak film, mending nonton di tv aja deh atau beli dvd aja dari pada nonton dvd lewat laptop. biar loe gak nyesel kaya gue*curcol.
7.)  laptop barang yang riskan, hati2 meletakkan laptop, gue pernah baca artikel orang kalo kita tidak boleh terlalu sering memangku laptop dan membawa laptop dengan posisi miring atau meletakkan laptop pada permukaan yang tidak datar/rata. karena dapat merusak mainboard/motherboard, sedangkan untuk mengganti motherboard yang baru sekitar 2-3 jt tergantung loe beli/servisnya dimana. mendingan kita beli colling fan laptop cuma 35-45 rb untuk menjaga suhu dari laptop kita dari pada sampai mengeluarkan uang berjuta kan?
 sebenarnya masih banyak lagi gan informasi tentang laptop lainnya, mungkin bisa gue share lagi nanti. silahkan loe pilih sendiri gimana cara memperlakukan laptop loe. percaya atau gak percaya apa yang gue tulis in semua tanpa rekayasa dan hasil dari pengalaman pribadi gue. selamat menerapkan gan.... thanks dah ngintip tulisan gue. 

with love: nha4fun

1 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih lah kalo begitu mampir mapir lah ke blog ane juga gan amtabuchori.bl.ee

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls